6 Starup indo yang sukses.


Startup memang sedang booming di Indonesia. Semua orang berlomba-lomba menekuni bisnis yang menguntungkan ini. Mencari investor dari dalam dan luar negeri memang sulit, namun beberapa diantara para tokoh sukses startup ini merintis karir dari nol dengan modal seadanya.
Berbagai tantangan mereka dapatkan selama perjalanan, seperti tidak dipercayai oleh investor dan bahkan penolakan karena dirasa bisnisnya tidak berpotensi.
Kegigihan dan usaha mereka memang harus kita jadikan contoh dan motivasi untuk mencapai kesuksesan. Awalnya mereka hanyalah orang dengan berjuta ide, begitu pula dengan kamu. Namun, mereka berani mengambil langkah dan menjadikan ide mereka sebuah karya nyata yang mampu menghasilkan kesuksesan besar dalam hidup mereka.

Bagi mereka tidak ada yang tidak mungkin bila kita berani melihat peluang, berani mencoba dan terus belajar. Bagi mereka kegagalan dan tidak mendapat kepercayaan dari investor adalah hal yang biasa karena mereka belum menjadi siapa-siapa, tapi siapa sangka setelah kegagalan menjadi motivasi mereka, mereka sukses dengan bisnis startupnya dan investor pun berdatangan karena telah melihat kesuksesan dari hasil kerjamu.
Lalu bagaimana kisah mereka dan perkembangan startupmereka. Simak ulasannya.

1. Andrew Darwis (Kaskus.com)

Andrew Darwis
Andrew Darwis via www.penabiru.com
Berawal dari tugas kampus yang diberikan oleh dosennya saat ia berkuliah di Amerika, menjadikan Andrew seorang yang sekarang sukses dengan bisnis startupnya. Saat menempuh bangku kuliah, Andrew diberi tugas untuk membuat project free software yang bisa digunakan oleh siapa saja.
Modal yang dia keluarkan pun tidak banyak, hanya sebesar $3,- atau setara dengan Rp 30.000,- saja untuk membeli mesin server. Awalnya Andrew tidak menyangka bahwa Kaskus akan sebesar sekarang.
Dia dan temannya, Ken Dean Lawadinata bekerjasama untuk membangun dan merintis kaskus. Pada tahun 1999 Kaskus telah menjadi free software terbesar hingga saat ini.
Perkembangan Kaskus sangat besar hingga sekarang. Kaskus menjadi web yang paling banyak dikunjungi dan banyak diminati karena kemudahannya oleh warga Indonesia maupun luar negeri.
Karena sekedar iseng dan project kuliah, Andrew menjadi salah satu founder startup paling sukses.

2. William Tanuwijaya (Tokopedia.com)

William Tanuwijaya
William Tanuwijaya via www.idntimes.com
Bisnis startup dengan konsep marketplace memang sedang digandrungi oleh pengguna internet. Bukan hanya karena kemudahan akses namun juga didukung dengan kemudahan transaksi.
William Tanuwijaya adalah pendiri tokopedia.com. Pria yang lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara ini memulaistartupnya pada tahun 2009. Alumnus Binus Jakarta ini berkuliah sambil bekerja karena menjadi tulang punggung keluarganya yang sedang mengurusi ayahnya yang sakit.
Pada masa kuliah, William dengan keingintahuannya yang tinggi mulai mempelajari startup. Tahun 2007 dia mencari investor untuk memulai startupnya.
Pada saat itu, William membicarakan rencananya ini pada bos tempat dia bekerja dan bos di kantornya memperkenalkan kepada investor-investor. Dua tahun berlalu dengan usaha mencari investor, akhirnya William mendapat kepercayaan untuk mendirikan bisnisnya ini.
Tahun 2009, William berhasil mendapat dana dari investor dan membesarkan usahanya. Usahanya pun mencapai kemajuan yang pesat hingga tahun 2014 tokopedia.com mendapat pendanaan sebesar $100 juta dari Softbank Internet & Media dan Sequoia Capital.

3. Achmad Zaky (Bukalapak.com)

Achmad Zaky
Achmad Zaky via www.ehpedia.com
Sama dengan tokopedia.com, bukalapak.com juga berkonsepmarketplace. Achmad Zaky adalah orang dibalik bukalapak.com yang sekarang menjadi web yang banyak dikunjungi netizen yang ingin kemudahan dalam berbelanja online.
Awal idenya muncul ketika mahasiswa lulusan ITB ini pulang ke Indonesia setelah mengikuti program pertukaran pelajar ke Oregon State University, Amerika. Pria yang memiliki passiondalam dunia usaha ini berkeinginan memiliki perusahaan bisnis digital dengan konsep software as service.
Pada saat itu hal yang menjadi kendala adalah pemodalan. Dengan usaha keras akhirnya dia mendapat modal dan membuka bisnisnya di tahun 2011. Awalnya banyak orang yang meragukan potensi dari ide Achmad Zaky.
Namun pada tahun 2013 usahanya yang baru berkembang mendapat dana sebesar $300 ribu dari perusahaan e-commerce Jepang dan bukalapak.com menjadi salah satumarketplace terbesar di Indonesia.

4. Christian Sugiono (Malesbanget.com)

Christian Sugiono
Christian Sugiono ia showbiz.liputan6.com
Siapa yang tidak mengenal artis dan suami dari Titi Kamal ini. Christian Sugiono adalah sosok dibalik startup dengan konsepsocial news malesbanget.com. Awalnya web ini dibuat Christian pada tahun 2002 saat dia berkuliah di Jerman.
Web ini berisi tentang informasi dan humor, lalu malesbanget.com sempat hiatus selama beberapa tahun karena kesibukan Christian.
Pada tahun 2012, akhirnya kembali hidup lagi dan menjadi webyang terkenal dengan web series bertema travelingnya yang bertajuk “Jalan-jalan Men”.
Karena sarat akan informasi dan menghibur, akhirnya web ini mampu menarik perhatian para netizen dan menjadi salah satu web yang paling sering dikunjungi.

5. Kevin Mintaraga (BrideStory.com)

Kevin Mintaraga
Kevin Mintaraga via dailysocial.id
Kevin adalah tokoh dibalik BrideStory.com sebuah startupdengan konsep situs direktori. Dibantu dengan istrinya yang berlatar belakang seorang wedding planner, Kevin mengembangkan bisnis yang berkembang dalam bidang pernikahan.
Sebelum berkecimpung dalam startup pribadinya, Kevin adalah pendiri dari digital marketing yang diberi nama Magnivate. Pada tahun 2012 Magnivate diakuisisi oleh sebuah perusahaan periklanan dan hubungan masyarakat terbesar dari Inggris dan berganti nama menjadi XM Gravity.
Setelah sukses dalam bisnisnya, Kevin mengundurkan diri dari jabatannya dan membuat bridestory bersama sang istri.
Dengan konsep situs direktori, bisnisnya sangat diminati oleh calon pengantin yang mencari konsep pernikahan.
Calon pengantin dapat mencari ide dan konsep sesuai yang dia inginkan dan bridestory menyediakan jasa vendor dariwedding organizer terkait. Calon pengantin juga dapat menyesuaikan konsep pernikahan sesuai dengan yang dia inginkan.
BrideStory menyediakan banyak foto dan ide konsep daripinterest, sehingga para calon pengantin tidak susah dan repot dan memudahkan calon pengantin.

6. Cynthia Tenggara (Berrykitchen.com)

Cynthia Tenggara
Cynthia Tenggara via dailysocial.net
Berrykitchen adalah satu-satunya food commerce di Indonesia yang menyediakan jasa katering menggunakan sistem online.Usaha ini dirintis Cynthia sejak tahun 2012.
Alumni hubungan masyarakat Universitas Pelita Harapan ini awalnya tidak memiliki keahlian dibidang katering, namun dengan kegigihan dan kerja kerasnya. Cynthia akhirnya mampu membuka bisnis online cathering ini.
Hingga saat ini, usahanya telah berkembang dan telah menjual lebih dari 245.000 kotak makanan untuk 70.000 pelanggan. Kemudahan yang didapat para pengguna jasa berrykitchenlah yang membuat usaha ini berkembang.
Berrykitchen menyediakan menu makanan harian yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen dan memiliki beragam menu dengan rasa yang tidak diragukan lagi.
Usahanya pun tidak sia-sia, berrykitchen mendapat seed funding sebanyak Rp 500 juta dari Angel Investment dan mendapat dana investasi sebesar $1,25 juta dari Sovereign’s Capital.
Bisnis startup adalah bisnis yang menguntungkan. Namun kita harus gigih dan pandai-pandai melihat peluang dan pangsa pasar agar apa yang kamu tawarkan diminati banyak orang. Belajar dari para ahli diatas, hal yang paling susah dalam mengembangkan ide adalah modal.
Bila kamu memiliki uang, kamu harus bisa mengolahnya menjadi hal yang bermanfaat seperti membuka bisnisstartupmu sendiri. Setelah berjalan dan sukses, investor akan datang dengan sendirinya karena melihat kesuksesan dari idemu.
Kembangkan potensimu dan jadikan passionmu usaha yang dapat menghasilkan uang. Belajar adalah kunci utama, para pengusaha sukses akan selalu belajar dan mampu menyikapi sebuah kegagalan.
Ayo kapan lagi, segera mulai bisnismu dan jadi orang sukses selanjutnya!

sumber

Komentar

Unggulan

Facebook Luncurkan Tool Baru untuk Tingkatkan Daya Saing UKM dalam Beriklan

Cara membuat surat keterangan domisili perusahaan (SKDP ) di DKI Jakarta yang murah.

Ide Startup Menarik Minggu Ini — 12 Juni 2017

Laporan Kondisi Startup Indonesia Q1 2017

RENUNGKAN INI SEBELUM TERJUN KE DUNIA STARTUP

10 Startup Terbesar di Dunia

Lima Manfaat Kantor Virtual

Manfaat Virtual Office dalam Dunia Bisnis